S4 - Mungkin : Lagu 'galau' yang Proporsional

Hari ini saya ingin mengulas tentang sebuah lagu. yup untuk materi belajar mandiri mungkin di lain waktu akan saya lanjutkan. 

kali ini lagu yang ingin saya bahas adalah lagu 'Mungkin' dari grup S4. pertama kali saya mendengar lagu ini ketika saya menonton tonight shot di NET TV. nah di bagian akhir acara sang presenter (arie untung) meminta grup ini untuk menyanyikan sedikit single terbaru mereka dan jreng jreng jreng, awal mendengar mereka menyanyi saya merasa ada yang menggangu pikiran . beberapa detik kemudian barulah saya sadar ternyata itu adalah lagu 2am yang di remake oleh grup tersebut.

setelah menonton itu akhirnya saya putuskan untuk men download audio teaser lagu tersebut di youtube. setelah saya dengar secara lengkap, saya berikan jempol untuk grup ini. mereka benar2 berhasil membuat saya bertepuk tangan, terdiam plus galau setelah mendengar lagu ini. walau pun ini merupakan lagu remake tapi menurut saya lagu ini punya banyak perbedaan baik dari instrumen maupun bahasa, yang sama hanyalah kedua lagu sama bisa membuat orang galau. 

ok, namun di kesempatan ini saya tidak akan membahas masalah instrumen dalam lagu ini. karna memang saya tidak mengerti masalah itu, tapi secara umum lagu ini bisa menghadirkan aura ke-indonesiaannya baik dari segi lirik maupun instrumen. ini menuut saya looo. hehe. 

secara lirik, memang bukan hal yang mudah untuk menerjemahkan lirik lagu dari bahasa asing kebahasa indonesia menjadi pas secara arti maupun rasa. tetapi untuk lagu ini saya bisa mengatakan lirik lagu ini benar2 dalam, menggugah dan tidak berllebihan. walaupun terdapat perumpamaan2 tapi tidak terlalu ''lebay''. saya berani memberikan jempol untuk yang membuat lirik indonesianya.
ini saya beri lirik lagunya.

Tiada hari tanpa bayang wajahmu
 Mengapa dirimu yang selalu hadir dibenakku
Getar hatiku memanggil namamu
Tanpa kusadari air mata ini bergulir 

huhuhuhuhu Saat ku bernyanyi
huhuhuhuhu Kala ku melangkah 
Ku slalu memikirkanmu 

reff 
Mungkinkah ku juga ada dihatimu
Mungkinkah kau menangis mengingatku 
Mungkinkah kaupun memendam perih 
Dan tenggelam dalam kerinduan 

Sering kali ku berpura tertawa
Laksana boneka yang tersenyum paksa tersiksa 

huhuhuhuhu Kala ku berlari 
huhuhuhuhu Saat ku melamun 
Kau memenuhi hatiku 

reff
Mungkin-kah ku juga ada dihatimu 
Mungkin-kah kau menangis mengingatku 
Mungkin-kah kaupun memendam perih 
Dan tenggelam dalam kerinduan 

Tak seorangpun tau 
Ku tersenyum bukan bahagia 
Karna memang tak mungkin tanpamu 
Oh Jujur saja, ku tak mungkin Jujur saja 
akan kucoba Hidup tanpamu
 oh ku menangis lagi 

reff
Mungkin-kah ku juga ada dihatimu 
Mungkin-kah kau menangis mengingatku 
Mungkin-kah kaupun memendam perih 

Dan tenggelam dalam kerinduan




dari segi suara, awalnya saya underestimate dengan grup ini, mungkin lebih tepat disebut saya terkena efek anti boyband alay yang tengah menjamur di Indonesia saat itu, walau saya sudah tahu grup ini dari awal 2013 dengan single mereka she is my girl, tapi saya tidak begitu mengikuti perjalanana grup ini. namun setelah mendengar lagu ini versi live, semua keraguan itu hilang. awal lagu ini dibawakan cukup baik. saya paling suka dengan bagian reff dari lagu ini, apalagi yang menyanyikan part bagian reff menyanyi dengan cukup terkontrol, belakangan saya tau namanya jeje yang merupakan lead vokal dari grup ini. perpaduan jeje dan firly di bagian reff sungguh kombinasi yang tepat. suara mereka menambah rasa ''galau'' di lagu ini. secara keseluruhan semua anggota grup ini bisa dikatakan memiliki kualitas vokal yag baik. 

jika dibandingkan dengan lagu aslinya yang dinyanyikan oleh 2AM, saya rasa ini adalah 2 karya yang berbeda. karakter suara yang ada pada 2AM dengan yang ada pada S4 tentu berbeda. ketika mendengar lagu aslinya dari 2AM, saya merinding karena suara dan instrumennya yang bagus walaupun arti liriknya secara keseluruhan saya tidak begitu paham. hal ini berbeda ketika saya mendengar lagu mungkin pertama kali saya juga merinding namun tidak hanya karna suara dan istrumennya saja tetapi juga karena liriknya yag dalam. 

untuk penghayatan lagu, dari pertama kali saya lihat di acara TONIGHT SHOW, bisa dikatakan sempurna, . terutama untuk jeje, sang lead vokal ini membuat saya ternganga dengan suara dan penghayatannya. menurut saya suara jeje di lagu ini begitu dalam dan tidak berlebihan, sangat proporsional. Grup ini sangat baik menghayati lagu ini dalam penampilan mereka baik secara on air maupun off air

secara keseluruhan lagu ini sangat layak untuk didengar. saya beri nilai 8,5 untuk lagu ini, dan spesial thanks untuk acara tonight show, karena dari acara inilah saya tahu lagu ini dan langsung menggerakan jari saya di keyboard dan mengetik kata ''mungkin" di laman pencarian youtube hehe.

silahkan bagi teman-teman yang ingin mendengar lagu ini bisa di download di youtube. http://www.youtube.com/watch?v=Ok89d4SUJgQ
selamat mendengarkan.

*untuk informasi saya menonton tonight show episode S4 (episode bulan mei 2013)  sekitar 3 minggu yang lalu di youtube, dan lagu "mungkin" juga dirilis sekitar bulan itu. sebenarnya cukup telat saya tahu lagu ini, tapi lebih baik telat kan dari pada tidak tau sama sekali hehehe.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PATOFISIOLOGI SINDROM METABOLIK

Clinical Science Session 1

BELAJAR MANDIRI 3 : Nyeri ( part 1 mekanisme nyeri)